Objek Kajian Seni Rupa dan Desain

.............

Judul : Kajian Simulasi Desain Rambu Informasi Keselamatan di Tempat Wisata Pantai Parangtritis Berdasar Perilaku Budaya (2015) oleh Ari Wibowo. Yang di muat dalam Jurnal Itenas Rekarupa.

Objek Kajian Seni Rupa Dan Desain:

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain ini membahas bagaimana mendesain informasi tentang standar keselamatan wisata yang dapat diperhatikan dan diikuti. Mengingat pada dasarnya informasi keselamatan wisata yang ditampilkan dipastikan sudah mengalami proses desain serta dapat dibuktikan juga telah dibangun dengan landasan standar sistem rambu (sign-system).

Pendekatan :

Penelitian ini menggunakan pendekatan dua model survei yaitu ANOVA sebagai survei utama untuk mengukur simulasi desain signage dan variabelnya. Kemudian melakukan uji konfirmasi dengan model frequency distribution (distribusi frekuensi).

Analisis :

Hasil penelitian dan survei menunjukkan bahwa artefak budaya berupa entitas bentuk mampu mempengaruhi rasa “ingin tahu” (penasaran) sebagian besar responden. Seluruh responden menyatakan hal tersebut melalui nilai yang mereka berikan dalam survei. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembaharuan desain signage terkait informasi keselamatan diperlukan. Pertama, untuk memancing rasa ingin tahu pada wisatawan atau pengunjung teritorial wisata. Kedua, signage tersebut dapat menjadi media informasi yang berdasarkan statistik dapat dianggap lebih efektif. Ketiga, selain dua argumen di atas terdapat kemungkinan untuk meningkatkan wibawa visual yang dimiliki oleh signage. Mengingat nilai rasa sungkan dan waspada juga diberikan cukup tinggi oleh responden pada signage berbasis artefak budaya.

Teori :

Dalam penulisan tersebut teori yang dipaparkan berkaitan dengan Essentials of Research Design and Methodology(Marczyk, DeMatteo, 2005:222). Peneliti dapat membuat desain pola serta variabel sendiri sesuai dengan kebutuhan penelitiannya selama hal tersebut masih mengikuti kaidah mendasar dari model survei yang dipilih.

Kesimpulan :

Hasil kesimpulan pokok dalam penelitian dengan judul tesis “Kajian Perilaku Berbasis Budaya Pada Simulasi Desain Signage Untuk Informasi Keselamatan di Teritorial Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta” adalah: Asumsi dasar dan teori kajian ini telah terbukti. Bahwa faktor budaya berupa artefak ternyata masih memiliki potensi untuk mempengaruhi perilaku wisatawan melalui rasa “ingin tahu” yang merupakan sifat bawaan manusia.Artefak budaya dapat menjadi elemen pembaharuan signage guna memperkuat serta meningkatkan perhatian wisatawan pada informasi keselamatan di lokasi penelitian.

Apa yang menurutmu bisa diteliti dari jurnal tersebut

Menurut saya dari seluruh survei yang sudah diuji coba penulis, Desain artefak seperti apa yang menarik sehingga bisa lebih menarik dan jadi pusat perhatian  wisatawan?

Sumber :https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekarupa/article/view/993/1225             

 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Judul : Kajian Komunikasi Visual Pada Desain Sampul Buku Komik Merebut kota Perjuangan oleh Atmaja Septa Miyosa dalam Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi | Volume 4 Nomor 1 April 2019. 

Objek Kajian Seni Rupa Dan Desain :

Objek Kajian Seni Rupa Dan Desain dalam jurnal tersebut adalah peneliti tertarik untuk mengkaji komunikasi visual yang terdapat pada desain sampul buku komik Merebut Kota Perjuangan karena menurutnya karya seni dapat mencitrakan jiwa nasionalisme, seperti  penelitian dengan objek lukisan berjudul “Didepan Kelamboe Terboeka” yang diteliti dengan pendekatan ikonografi dan objek menggambarkan jiwa nasionalisme se-bagai pemberontak estetika.

Pendekatan :

Kajian ini menggunakan analisis dengan pendekatan ilmu semiotika karena dalam dunia seni rupa atau seni visual terdapat pengaruh yang kuat pada objek yang diamati dengan makna

Analisis :

Dalam Kajian tersebut disebutkan hasil penafsiran relasi antar tanda yang menjadi makna secara semiotika visual, bahwa sampul buku komik Merebut Kota Perjuangan merupakan karya desain yang dapat diuraikan unsur-unsurnya berdasarkan teori Semiotika Pierce.

Teori :

Teori yang digunakan adalah semiotika lazim bahwa kajian komunikasi visual karena semiotika pada hakikatnya adalah ilmu tentang relasi atau hubungan antar tanda, terutama tanda-tanda visual. Penelitian menggunakan kualitatif dengan analisis semiotika versi Pierce (objek, representamen, interpretan) dengan objek visual berupa sampul Merebut Kota Perjuangan.

 

Kesimpulan :

Penelitian ini mengungkap beberapa kesimpulan seperti deskripsi setiap simbol-simbol yang terdapat pada desain sampul Merebut Kota Perjuangan memunculkan simbol-simbol yang identik dengan perjuangan kemerdekaan. Simbol utama yan ditampilkan yaitu simbol Bendera Merah Putih, simbol manusia Pejuang, simbol senjata Bambu Runcing.

Apa yang menurutmu bisa diteliti dari jurnal tersebut:

Apakah penafsiran simbol bisa dilakukan dengan kajian selain semiotika?

Sumber :http://ojs.mmtc.ac.id/index.php/jimk/article/view/91/89

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Judul : Kajian Semiotika Iklan Produk Kosemetik Mustika Ratu Tren Warna (2015) oleh Yunda Osianita1 dan Eko A.B.Oemar2 dalam Jurnal pendidikan seni rupa.

Objek Kajian Seni Rupa Dan Desain :

Objek kajiannya yaitu penulis ingin mengetahui makna-makna yang terkandung dari tanda-tanda verbal maupun visual pada iklan cetak kosmetik Mustika Ratu sehingga penulis mengambil judul “ Kajian Semiotika Iklan Produk Kosmetik”

Pendekatan :

Berdasarkan latar belakang journal tersebut, penulis tertarik untuk membahas tentang iklan dilihat dari segi visual dan maknanya melalui pendekatan semiotik.

Analisis :

Tehnik yang digunakan dalam penlitian ini yaitu analisis semiotika, diharapkan mampu menjadi salah satu pendekatan untuk mengetahui makna sebenarnya yang terkandung dalam sebuah tanda verbal maupun visual dalam karya Desain Komunikasi Visual. Sobur (2009:15) mengatakan bahwa Semiotika adalah suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji data. Tanda-tanda adalah perangkat yang dipakai dalam upaya berusaha mencari jalan di dunia ini, di tengah-tengah manusia dan bersamasama manusia.

Teori :

Dalam penulisan jurnal peneliti menggunakan teori semiotik oleh Charles Sanders Pierce yan dikenal dengan teori segitiga makna. Diharapkan dengan analisis semiotika mampu menjadi salah satu pendekatan untuk mendapatkan makna sebenarnya yang terkandung dibalik tanda verbal dan tanda visual dalam iklan yang diteliti tersebut.

Kesimpulan :

lklan Mustika Ratu tren warna dan ketika tanda-tanda tersebut dikaji dengan pendekatan semiotic Charles S.Pierce menghasilkan makna bahwa siapapun yang menggunakan produk ini akan menjadi tampil cantik dan menawan. Dari pendekatan itu juga diketahui bahwa produk-produk Mustika Ratu tren warna dalam menyampaikan iklannya menggunakan strategi positioning berdasarkan penggunaannya.

Apa yang menurutmu bisa diteliti dari jurnal tersebut :

Seberapa pengaruh strategi positioning dalam media iklan cetak iklan mustika ratu?

Sumber : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/12365

-Cindy Rana.K- 202046500426-S4A-

 

 

Komentar

Postingan Populer